4 Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Baik dan Benar

Cara membuat daftar riwayat hidup atau cv yang baik dan benar dilengkapi dengan contoh cv siap pakai yang bisa Anda edit sesuai kebutuhan. Pada kesempatan ini kami hadirkan untuk teman pintar 1000 cara. Kami berharap informasi ini dapat membantu teman-teman semua agar lebih mudah saat menulis curriculum vitae yang memang merupakan salah satu syarat utama saat akan melamar pekerjaan.

Tips Membuat Curiculum Vitae Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Untuk Melamar Kerja

Tidak sedikit yang gagal mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya karena kesalahan dalam menulis daftar riwayat hidup. Kesalahan yang sering terjadi terutama dalam hal formatnya, kronologisnya, fungsionalnya, kombinasinya, dan seberapa menarik cv tersebut.

Berikut ini kami sajikan 4 cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar sebagaimana kami kutip dari situs wikihow (Sabtu, 19/12/2015) dibawah ini.

1. Format Daftar Riwayat Hidup yang Baik

Membuat curiculum vitae memang terlihat sederhana karena isinya memang tentang perjalanan hidup yang membuatnya. Namun, agar daftar riwayat hidup yang dibuat benar-benar menarik hati, sehingga menggolkan lamaran kerja yang diinginkan gunakanlah format yang baik dan benar.

Berikut format yang baik dan benar saat Anda akan membuat daftar riwayat hidup.

#.Format Teks

Saat mempelajari surat lamar pekerjaan yang masuk, umumnya seorang perekrut akan melihat bagian teks curikulum vitae terlebih dahulu. Penting bagi Anda untuk membuat format yang baik dan benar bila ingin mendapatkan kesan pertama yang baik juga. Kesan yang baik dari bagian teks akan membuat perekrut akan melanjutkan membaca ke tahap berikutnya dan tentu menjadi point positif pertama.

Tentu akan berbeda bila bagian teksnya saja sudah tidak menarik. Tidak jarang perekrut akan langsung melihat tahadapan selanjutnya dan yang terparah mereka menghentikan membacanya. Saat ini terjadi bisa dipastikan lamaran yang Anda kirim sudah gagal. Kecuali ada pertimbangan-pertimbangan lainnya yang memungkinkan Anda tetap memperoleh pekerjaan yang dilamar tersebut.

Adapun format teks yang baik dan benar untuk daftar riwayat hidup adalah sebagai berikut:

  • Ukuran font harus bergaya profesional dengan ukuran 11 atau 12. kecuali bagian kop dan bagian perkenalan sebaiknya berukuran 14 atau 16.
  • Huruf yang digunakan adalah Times New Roman berjenis serif yang klasik. Anda juga dapat menggunakan Arial atau calibri dengan font berjenis sans-serif karena tampilannya juga bagus saat dilihat. Tentunya pilihan jenis huruf bisa dipilih sendiri bila tidak ada permintaan khusus dari perekrut.
  • Mengguakan hanya 2 jenis font dan dibagian-bagian tertentu dapat dilengkapi dengan huruf tebal atau miring.
  • Semua warna tinta yang digunakan saat di print harus hitam kecuali memang ada permintaan khusus.

#.Format Halaman

Mengatur halaman tidak hanya menimbulkan kesan yang menarik saja, akan tetapi tampilan yang profesional juga tidak kalah pentingnya.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan pada bagian halaman saat membuat curiculum vitae.

  • Ukuran garis tepi halaman di bagian atas, bawah, kanan, dan kiri semuanya berukuran 2,5 cm.
  • Spasi atau jarak antar garis adalah 1,5 spasi atau bisa juga menggunakan jarak 2 spasi.
  • Bagian kop surat format dengan rata tengah. Sedangkan untuk konten gunakan rata kiri.

#.Kop

Memformat kop sebaik dan semenarik mungkin juga tidak kalah pentingnya. Adapun cara membuat kop yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Kontak Anda yang menyajikan nama lengkap, alamat lengkap/domisili, email, nomor telepon, dan nomor hp. Semuanya ditulis dibagian ujung atas cv yang Anda buat.
  • Huruf yang digunakan untuk nama Anda sebaiknya lebih besar dengan menggunakan font 14.

#.Tata Letak

Untuk tata letak ada 3 pilihan yang dapat digunakan, tentu disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Format kronologis yang digunakan bila Anda melamar pekerjaan melalui jalur karier. Isi cv akan fokus kepada pengalaman atau jenjang karier sebelumnya serta berapa lama sudah bekerja.
  • Format fungsional merupakan riwayat hidup yang dibuat untuk pelamar yang berpengalaman dalam wiraswasta. Sebab cv yang dibuat akan lebih terfokus kepada keahlian dan pengalaman.
  • Format kombinasi merupakan daftar riwayat hidup yang mengombinasikan format kronologis dan format fungsional. Daftar riwayat hidup jenis ini akan sangat tepat bila digunakan oleh Anda yang memang memiliki keahlian tertentu dan juga sudah berpengalaman dalam suatu profesi.

Halaman selanjutnya adalah cara membuat daftar riwayat hidup fungsional, kronologis, dan kombinasi serta CV yang menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *