6 Cara Membuat Infused Water Untuk Diet dan Menurunkan Berat Badan

Ini dia 6 cara membuat infused water untuk diet, menurunkan berat badan, ibu hamil, ibu menyusui, detox, asam urat, diabetes, sakit maag, dll. Solusi sehat yang terbukti ampuh dan aman tanpa menimbulkan berbagai resiko dan masalah dikemudian hari.

Dewasa ini tidak sedikit yang menawarkan cara agar tubuh sehat dan cantik terutama untuk melangsingkan tubuh. Mulai dari cara tradisional hingga cara-cara modern. Setiap metode tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun sayangnya kebanyakan metode yang ditawarkan kurang efektif, tidak ada khasiatnya sama sekali, dan bahkan dapat menimbulkan berbagai masalah.

Kabar gembiranya sudah tersedia cara terbaik agar dapat memiliki tubuh langsing dan sehat tanpa efek samping. Metode tersebut adalah dengan menggunakan infused water.
Cara Membuat Infused Water Untuk Diet dan Kesehatan Tubuh

Apa Itu Infused Water?

Sesuai dengan namanya infused water memang berkaitan erat dengan air yang digunakan untuk dikonsumsi. Infused water adalah air putih yang sudah memiliki rasa istimewa yang rasanya enak saat di minum. Air putih tersebut bukanlah air putih biasa, akan tetapi air putih yang sudah campur dengan buah-buahan segar lalu diolah dengan metode khusus, sehingga terciptalah minuman segar yang kaya akan manfaat.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh dari berbagai sumber disebutkan bila awalnya infused water berfungsi sebagai pengganti minuman bersoda. Karena minuman yang mengandung soda dapak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama bila mengkonsumsinya dalam jumlah besar dan terus menerus. Mengingat setiap harinya tidak sedikit pria maupun wanita yang gemar mengkonsumsi minuman yang mengandung soda didalamnya serta besarnya dampak yang dapat terjadi. Para ahli mengambil inisiatif melakukan serangkaian uji coba agar dapat mengganti minuman bersoda dengan minuman sehat. Setelah melalui serangkaian panjang akhirnya ditemukanlah minuman dari buah-buahan segar yang sehat dan kaya manfaat. Minuman tersebut saat ini dikenal dengan nama infused water.

Memang awalnya infused water hanya berfungsi sebagai minuman alternatif pengganti kebiasaan minuman bersoda. Namun seiring diketahui bila minuman ini memiliki banyak khasiat dan manfaat. Misalnya saja infused water dapat membantu detox agar racun didalam tubuh keluar. Infused water juga dapat membantu mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Dan masih banyak lagi manfaat dari minuman segar kaya akan kandungan buah ini.

Untuk membuat infused water bahan yang dibutuhkan adalah air putih dan buah yang diinginkan. Namun tidak semua buah dapat digunakan ada beberapa jenis yang dapat dijadikan infused water dan ada juga yang tidak dapat diolah sedikitpun.

#Buah-buahan yang Dapat dijadikan Infused Water

Memang tidak semua buah dapat dicampurkan ke dalam air untuk dijadikan infused water. Hanya buah-buahan segar yang didalamnya mengandung acid atau asam dengan kadar yang tinggi yang dapat dijadikan bahan untuk membuat minuman ini. Buah-buahan yang kandungan asamnya tinggi merupakan buah yang dapat dijadikan sebagai pemanis infused water.

Adapun buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat infused water, misalnya lemon, strawberry, kiwi, jeruk, mangga, nanas, atau blueberry. Buah-buahan ini terbukti didalamnya mengandung asam dalam jumlah yang tidak sedikit.

#Buah-buahan yang Tidak Dapat dijadikan Infused Water

Jangan paksakan membuat infused water dengan buah-buahan yang dagingnya lunak, seperti pisang, semangka, pepaya, dan apel. Mengolah buah-buahan ini manfaatnya tidaklah maksimal karena kadar acid atau asam yang terkandung didalamnya sangat rendah. Belum lagi daging buahnya yang sangat lunak, sehingga sangat mudah hancur saat direndam dengan air terutama dalam waktu lama.

Khusus buah apel sangat tidak disarankan untuk dijadikan minuman ini. Sebab saat diiris-iris daging buahnya akan sangat cepat teroksidasi.

Cara Lengkap Membuat Infused Water

Membuat infused water memang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini, maka Anda akan mampu membuat minuman segar dan nikmat serta kaya manfaat untuk kesehatan tubuh.

Adapun langkah-langkah pembuatannya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat akan membuat minuman infused water adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahan yang dibutuhkan terdiri dari air putih yang sudah di masak dan beberapa jenis buah ataupun sayuran segar.

Anda dapat memilih buah-buahan segar sesuai dengan selera Anda. Mengapa sesuai selera? sebab dengan menggunakan buah-buahan yang memang Anda sukai akan lebih mudah meminumnya dibandingkan minuman yang berasal dari buah-buahan yang bukan kegemaran Anda.

Agar Anda dapat mengkombinasikan buah-buahan dengan tepat dan pas lihat di halaman dua tentang cara mengkombinasikan buah-buahan sehat disini: Mengkombinasikan buah dengan tepat.

2. Bersihkan bahan yang sudah tersedia

Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka langkah selanjutnya adalahnya adalah membersihkannya. Anda dapat menggunakan air mengalir atau bila tidak memungkinkan dapat menggunakan air kran. Bersihkanlah buah-buahan ataupun bahan lainnya dari kotoran yang melekat dipermukaannya.

3. Kupas dan potong-potong

Setelah dicuci bersih kupaslah kulit buahnya dan cuci kembali secukupnya. Selanjutnya Anda dapat mulai memotong buah-buahan yang sudah tersedia menjadi beberapa bagian. Potonglah sesuai keperluan dan jangan memaksakan memotongnya bila memang tidak diperlukan.

Saat memotong buah berukuran besar seperti mangga atau buah lainnya, buah dapat dipotong menjadi beberapa bagian. Pada umumnya buah berukuran besar dapat dipotong menjadi kotak-kotak seukuran 1cm*1cm*1cm. Anda juga dapat memotongnya menjadi tipis-tipis melebar. Tentu pemotongan dapat dilakukan sesuai selera dan kebutuhan Anda.

Bagaimana bila buah berukuran kecil? tentu cara memotongnya akan agak berbeda. Buah berukuran kecil, seperti anggur dapat dipotong menjadi dua bagian saja atau sesuai kebutuhan. Khusus buah sejenis jeruk dapat disisir tipis-tipis dengan ketebalan 0,7 cm.

Penting untuk diingat agar jangan membiarkan buah-buahan yang ada dibiarkan tetap dalam kondisi utuh. Mengapa? sebab memotong buah-buahan akan membuat nutrisi yang terkandung didalamnya larut ke dalam air.

4. Campurkan air dan buah dalam 1 wadah

Setelah Anda melewati langkah dan cara ke 3, maka langkah selanjutnya adalah mencampurkan air dengan buah-buahan yang sudah disiapkan kedalam satu wadah (umumnya toples). Caranya sangat mudah, yaitu masukan kedalam toples air matang sebanyak 500 ml terlebih dahulu, kemudian masukan buah-buahan yang sudah di potong-potong, lalu tutup toples serapat mungkin agar semut, debu, ataupun benda lain tidak dapat masuk kedalamnya.

5. Masukan ke dalam kulkas

Setelah air dan buah-buahan sudah berada dalam toples, maka masukanlah toples tadi ke dalam kulkas. Adapun waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam lebih atau sampai sari-sari buah-buahan sudah menyatu dengan air.

6. Isi kembali atau buat baru

Langkah terakhir setelah 2 jam Anda dapat mengeluarkan toples tadi dari dalam kulkas. Umumnya waktu 2 jam sudah cukup untuk melarutkan air dengan sari-sari buah-buahan. Sekarang Anda sudah dapat menikmati minuman segar dan sehat kaya manfaat yang dapat digunakan untuk diet dan menurunkan berat badan.

Bagaimana bila air yang ada di dalam wadah sudah habis diminum? isi kembali dengan air dan bahan yang sama seperti langkah diatas. Namun bila sudah lewat dari 8 jam harus di ganti dengan yang baru. Sebelumnya bersihkan terlebih dahulu wadahnya atau boleh diganti dengan wadah yang baru.

Itulah 6 langkah dan cara membuat infused water untuk diet dan menurunkan berat badan serta untuk keperluan lainnya. Berikut manfaat infused water dan komposisi buah-buahan yang tepat untuk membuatnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

Apa Khasiat dan Manfaat Infused Water

Beberapa Komposisi Buah-buahan Untuk Membuat Infused Water yang Benar

Tidak sedikit yang penasaran bahkan bingung saat akan membuat infused water yang tepat dan sesuai kebutuhan. Padahal sebenarnya kunci utama saat membuat infused water untuk diet ataupun untuk kebutuhan lainnya adalah ketepatan dalam menentukan kombinasi buah-buahannya. Dengan menentukan kombinasi buah yang tepat, maka hasil yang diperoleh juga akan sesuai dengan kebutuhan.

Umumnya semua jenis buah-buahan dapat dibuat dan dikombinasikan untuk menjadi infused water. Namun agar menjadi minuman yang benar-benar sehat, segar, dan kaya manfaat dibutuhkan kombinasi yang pas.

Berikut kombinasi buah-buahan yang benar dan manfaat yang terkandung didalamnya.

#. Kombinasi timun, jeruk nipis, dan lemon

Timun merupakan buah yang cukup nikmat untuk dikonsumsi terutama dijadikan sebagai lalapan. Selain nikmat saat dimakan timun juga terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu juga dengan jeruk nipis dan lemon yang sudah terkenal akan khasiat dan manfaatnya dalam bidang pengobatan dan kecantikan. Mengkombinasikan ketiga jenis buah-buahan ini akan menjadi komposisi yang benar-benar kaya akan manfaat.

Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi infused water dari komposisi buah-buahan ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat mengontrol nafsu makan dengan baik, sehingga program diet yang dijalankan hasilnya akan lebih cepat dan maksimal,
  • Membantu mengatasi masalah perut kembung agar dapat dituntaskan tanpa menimbulkan berbagai masalah baru dikemudian hari,
  • Masalah pencernaan dapat dihindari karena senantiasa terjaga kesehatannya,
  • Dan yang tidak kalah pentingnya masalah dehidrasi yang sering dialami juga dapat diatasi hingga tuntas.

#. Kombinasi teh hijau, mint, dan jeruk nipis

Teh hijau adalah minuman yang sudah terkenal akan khasiat dan manfaatnya sejak lama. Mengkonsumsi teh hijau secara rutin setiap hari akan membuat tubuh senantiasa terjaga kesehatannya. Begitu juga dengan mint dan jeruk nipis yang sudah teruji dan terbukti akan kemampuannya dalam menuntaskan berbagai problema kesehatan.

Kombinasi 3 jenis buah-buahan ini akan menjadi infused water yang kaya akan khasiat dan manfaat. Adapun khasiat dan manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Solusi terbaik untuk membakar lemak di perut, paha, dan bagian tubuh lainnya agar menjadi normal kembali. Dengan terbakarnya lemak di tubuh, masalah perut buncit dan gangguan kesehatan lainnya akibat timbunan lemak akan tuntas tanpa menimbulkan masalah baru.
  • Gangguan pada sistem pencernaan memang merupakan masalah yang cukup menyiksa terutama saat susah buang air besar. Perut akan terasa kembung, mules, sakit, dan bahkan muntah-muntah. Kabar gembiranya dengan menggunakan minuman sehat hasil kombinasi teh hijau, mint, jeruk, dan air putih secukupnya akan dapat menuntaskan masalah ini hingga keakar-akarnya.
  • Kesehatan saluran pernafasan memang sangat penting untuk dijaga. Sebab saat pernafasan mengalami gangguan akan menimbulkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan Anda dapat memanfaatkan minuman ini.
  • Mengalami sakit kepala akibat gangguan kesehatan atau dehidrasi merupakan masalah yang seharusnya tidak terjadi. Dengan mengkonsumsi infused water ini, masalah sakit kepala akan reda dengan cepat.

#. Kombinasi strawberry dan kiwi

Strawberry adalah buah yang terkenal akan rasanya yang istimewa dan nikmat saat dikonsumsi. Baik itu dikonsumsi secara langsung atau dijadikan berbagai jenis olahan. Selain memang enak saat dimakan, strawberry juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh terutama saat dikombinasikan dengan buah kiwi. Kombinasi keduanya tidak hanya rasanya saja yang lezat dan nikmat, akan tetapi manfaatnya juga tidak kalah hebat.

Adapun khasiat dan manfaat infused water dari buah strawberry dan kiwi adalah sebagai berikut:

  • Sistem pencernaan merupakan bagian vital yang sering mengalami berbagai masalah. Saat terjadi gangguan pada pencernaan akan menimbulkan nyeri, sesak, dan tidak jarang sakit. Nah, dengan mengkonsumsi minuman ini masalah pencernaan akan teratasi karena semakin lancar dan sehat.
  • Jantung merupakan organ vital yang memiliki peranan besar bagi tubuh karena itu kesehatannya perlu dijaga. Saat jantung terganggu tubuh akan melemah dan bahkan dapat menyebabkan kematian. Mulai sekarang jagalah kesehatan jantung Anda dengan menerapkan pola hidup sehat serta mengkonsumsi infused water dari hasil kombinasi strawberry dan kiwi. Kombinasi keduanya merupakan minuman kaya manfaat yang dapat menjaga kesehatan jantung.
  • Aterosklerosis merupakan gangguan pada dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh peradangan. Saat mengalami masalah ini dinding pembuluh darah tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk mencegah timbulnya aterosklerosis konsumsilah minuman ini secara rutin.
  • Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi infused water dari buah strawberry dan kiwi adalah membantu menurunkan gula darah serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat tubuh senantiasa sehat dan jarang sakit.

#. Kombinasi lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis merupakan buah yang terkenal dengan rasanya yang asam serta tingginya kandungan vitamin C didalamnya. Saat dikombinasikan sebagai bahan infused water memiliki beberapa khasiat dan manfaat.

Adapun manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi minuman dari buah lemon dan jeruk nipis yang dijadikan infused water adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kondisi pertahan tubuh yang kuat akan membuat tubuh senantiasa fit dan jarang sakit. Kondisi ini terjadi karena tubuh mampu melawan dari penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Salah satu cara terbaik untuk menjaga sistem pertahanan tubuh adalah dengan mengkonsumsi infused water dari buah lemon dan jeruk nipis.
  • Timbulnya berbagai penyakit sering kali karena pencernaan tidak dalam kondisi sehat. Karena terganggunya kesehatan pencernaan memang mempengaruhi kesehatan bagian tubuh lainnya. Menjaga kesehatan pencernaan adalah kewajiban setiap orang bila ingin tubuhnya senantiasa sehat. Konsumsilah minuman ini karena dapat menyehatkan pencernaan.
  • Pyrosis merupakan penyakit yang kemunculannya ditandai dengan timbulnya rasa sakit seperti terbakar pada lambung atau beberapa kondisi terjadi pada hati. Penyakit ini timbul karena menumpuknya sisa-sisa makanan yang ada didalam tubuh yang kemudian membusuk akibat fermentasi. Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah dengan mengkonsumsi minuman ini.

Selain memiliki manfaat untuk diet dan menurunkan berat badan serta khasiat hebat seperti diatas. Infused water juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan ibu menyusui. Masalah seperti asam urat, diabetes, sakit maag, dll dapat dituntaskan dengan memanfaatkan kehebatan minuman segar ini.

Itulah beberapa kombinasi buah yang benar untuk membuat infused water. Kombinasikanlah sesuai kebutuhan tubuh Anda. Bagaimana cara membuat infused water? caranya dapat Anda lihat dihalaman sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *